Saat Hujan turun beberapa Biker mungkin lebih memilih santai dirumah, memarkir motornya digarasi dan duduk manis sambil minum kopi. Untuk yang sudah terlanjur dijalan lebih memilih istirahat sebentar di emper toko sambil menunggu hujan reda. Jika hujannya sebentar tentu tidak masalah, tetapi jikalau ternyata hujannya betah tentu saja akan sangat membosankan dan membuang waktu. fenomena ini dikarenakan beberapa orang merasa berkendara saat hujan adalah hal yang berbahaya, padahal ada beberapa tips berkendara aman yang bisa anda praktekkan. Berikut diantaranya :
Tip 1: Memakai perlengkapan yang tepat
Jas Hujan yang bagus, kaos tangan, sepatu boot, atau mungkin rompi pelindung dada, bisa menjaga anda tetap kering saat berkendara. hal ini merupakan kunci utama dalam kenyamanan anda berkendara saat hujan. Jika anda merasa kedinginan tentu akan mengacaukan pikiran anda sehingga mengurangi kemampuan anda dalam mengambil keputusan. Jika dengan perlengkapan yang telah disebutkan tadi anda masih merasa kurang. anda bisa memakai jaket atau celana rangkap sehingga tubuh anda terasa lebih hangat.
Perlengkapan yang menentukan yang kadang kita lupakan yaitu Helm. Helm yang rapat lebih nyaman dipakai saat hujan karena lebih sedikit air yang masuk bagian kepala kita. Helm full face tentu lebih nyaman dipakai dari pada helm half face. selain itu kualitas kaca helm juga mempengaruhi. ada beberapa helm yang bahannya tidak mampu mengalirkan air. sehingga air akan terus menempel di kaca dan lama kelamaan akan menganggu jarak pandang dari si pemakainya. 
Kombinasi perlengkapan manapun bisa anda pakai untuk membuat anda nyaman dalam berkendara, tapi pastikan perlengkapan yang anda pakai tidak mengganggu pergerakan anda.
Tip 2: Berkendara Cerdas dan Kalem
Saat anda berkendara dengan kondisi yang kurang menguntungkan, anda harus menyesuaikan cara anda mengendarai motor anda. Penggunaan gas harus lebih kalem, jangan terlalu miring saat berbelok, secara berkala gunakan rem anda serta mengeremlah lebih awal sehingga anda terhindar dari slip.


Photo Courtesy of Suzuki Motor of America
Tip 3: Waspadalah terhadap Persimpangan
Saat di persimpangan sebaiknya anda mengurangi kecepatan anda. Jika lampu kuning sudah menyala sebaiknya anda siap-siap berhenti. Saat sedang lampu merah perhatikan kaca spion anda waspada terhadap kemungkinan mobil dibelakang anda mengalami slip. Jaga jarak dengan mobil didepan anda sehingga anda lebih ada persiapan jika tiba-tiba mobil didepan anda berhenti
Tip 4: Waspada terhadap Genangan
Jika menemui genangan dijalan sebaiknya anda berusaha mencari jalan menghindari genangan tersebut. Hal ini karena kita tidak mengetahui ada apa dibalik genangan tersebut. Bisa jadi genangan tersebut merupakan lubang yang cukup dalam sehingga anda bisa terjatuh jika anda nekad melewati genangan tersebut. Genangan air juga bisa menutupi batas jalan sehingga resiko terperosok ke selokan di pinggir jalan bisa terjadi.


Photo Courtesy of Yamaha
Tip 5: Cari Jalur Kering
Hal ini mungkin sesuatu yang sudah jelas tanpa disebutkan. Tetapi masih banyak ditemukan orang yang nekad berkendara di jalur yang basah padahal ada jalur kering untuk dilewati. Jalur kering menawarkan cengkeraman ban yang lebih baik sehingga anda lebih mudah untuk bermanuver.

...

Jika anda menerapkan tips ini, kedepan mungkin anda akan merasakan bahwa berkendara saat hujan adalah sesuatu yang menyenangkan dan tidak perlu ditakutkan. Tentu saja ada beberapa kondisi dimana anda tetap terpaksa harus berteduh misalnya disaat hujan disertai angin kencang. Pada kondisi tersebut dikhawatirkan anda bisa tertimpa pohon atau tiang yang roboh. sekian tips dari kami. semoga bermanfaat

Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar: