Banyak hal menarik yang terjadi disaat Hujan. Suasana, emosi dan keindahan alam terkadang nampak lebih jelas disaat hujan. Tentu saja bagi anda seorang Fotografer, akan sangat menginginkan mengabadikan momen tersebut dalam sebuah foto. berikut beberapa tips memotret disaat hujan oleh Jurnalis Fotografi Jim Richardson yang dikutip dari website Naitonal Geographic:

  • Bawa Raincover untuk Kamera, masalah yang sering muncul adalah anda sudah membeli raincover tapi anda tidak membawanya disaat diperlukan. Memang untuk raincover yang bisa melindungi dari hujan lebat bahkan badai cenderung lebih besar dan makan tempat. Untuk memilih raincover yang tepat pilihlah sesuai kebutuhan anda.
  • Bawa kantong plastik, dalam keadaan darurat tips ini mungkin cukup membantu. bungkus kamera anda dengan plastik, lubangi plastik di bagian lensa jangan lupa jari anda bersiap-siap untuk menjepret momen yang tepat. 
  • Cari tempat bersantai, anda harus bersabar untuk mendapat momen yang tepat dalam memotret, untuk itu cari tempat berteduh sambil minum kopi, baca buku atau mengobrol untuk menungggu momen yang pas.
  • Memotret dari dalam mobil, mungkin ini adalah cara yang paling praktis. pinggirkan mobil anda,  buka kaca dan anda siap untuk mengambil gambar sementara anda tetap terlindung dari basahnya hujan
  • Bawalah payung, membawa payung lipat disaat musim hujan seperti ini adalah hal yang penting bagi seorang fotografer. Saat hujan tiba-tiba, tinggal buka payung dan kamera serta diri anda sendiri terlindung dari air hujan. Selain itu anda tentu masih bisa memotret walaupun anda memegang payung
  • Sertakan Payung dalam Foto, payung bisa dijadikan frame untuk memenuhi ruang bagian atas dalam foto. Hal ini juga sebagai isyarat visual yang sangat bagus yang menunjukkan bahwa momen saat itu sedang hujan. selain sebagai objek ternyata payung juga bisa sebagai pengatur cahaya. saat hujan anda berpikir bahwa langit gelap padahal terkadang langit tersebut yang merupakan sumber cahaya. sehingga awan akan nampak terlalu terang sedang objek foto terlalu gelap. untuk mengatur hal ini gunakan payung untuk menutupi awan sehingga perbedaan cahaya tidak akan terlalu besar
  • Perhatikan refleksi cahaya, jika tidak hujan deras sebenarnya susah untuk memotret hujan, anda harus mencari teknik yang  tepat untuk menggambarkan bahwa kondisi saat itu sedang hujan. Refleksi cahaya di permukaan jalan bisa membuat suasana hujan yang biasa menjadi lebih lebih kaya akan makna.
  • Backlight, hujan akan semakin terlihat jelas jika diambil dalam kondisi backlight. cahaya yang melewati butir hujan akan lebih terpusat sehingga membuatnya lebih cerah dari keadaan sekitarnya. Lampu kota atau cahaya matahari yang menembus awan bisa menjadi sumber backlight. Aturannya tetap sama, pertama, semakin lurus dari sumber backlight hujan akan semakin jelas, kedua, jika anda terlalu lurus terhadap sumber backlight kekuatan cahanya akan mengalahkan kekuatan eksposure kamera. jadi temukan angle yang tepat untuk memperoleh hasil yang istimewa.
  • Sedikit Flash, Cerahkan warna hujan dengan flash. biasanya flash akan merusak scene karena cenderung  memberikan cahaya yang berlebihan. Atur flash anda (seperti -3.0 Stops). Teknik ini mungkin sedikit sulit tapi akan memberikan sentuhan yang bagus bagi foto anda.
  • Peka terhadap Perubahan Suasana, Hujan mengubah emosi manusia. Bagi komuter hujan membawa kesedihan dan ketakutan akan basah di perjalanan, sedang bagi anak kecil hujan membawa kebahagiaan. selalu peka akan perubahan tersebut karena anda akan memperoleh momen yang istimewa.
semoga tips diatas bisa membantu anda memperoleh Foto yang istimewa bagi anda. tips tersebut di sadur dari www.nationalgeographic.com semoga bermanfaat.


0 komentar: