Pada musim hujan seperti ini, paparan air hujan yang terus menerus pada motor kita tidak bisa terhindarkan. Padahal pada air hujan tersebut terkandung Zat Asam yang mampu menyebabkan korosi pada logam. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi kesehatan motor kita karena kebanyakan sparepart motor terbuat dari logam. 

    Perawatan tambahan diperlukan untuk menjaga kondisi motor kita tetap prima. selain dengan rajin mencuci motor kita untuk membuat bagian luar motor tidak karatan. membersihan bagian panel saklar juga harus dilakukan.

             Pada tombol saklar biasanya terdapat ruang atau celah yang bisa dimasuki air hujan. Apalagi jika kondisi hujan lebat, sangat mudah bagi air untuk masuk kedalam panel saklar. Efek kerusakan yang terjadi tidak secara langsung tapi bisa dalam waktu beberapa minggu. Bagian yang sering terkena dampak ini adalah saklar sein, lampu dan starter.

         Contoh yang terjadi yaitu lampu jauh-dekat yang mati salah satu padahal bohlam masih bagus. Saat di cek ternyata panel saklar pada lampu tersebut sudah kotor dan berkarat.  untuk motor matic pastikan bagian cover kepala tidak goyang atau longgar antar sisinya sehingga bisa terdapat celah untuk masuk air hujan.

Semprotkan cairan penetran untuk perawatan


              Sebaiknya untuk menjaga kinerja saklar tetap prima, setidaknya satu minggu sekali perlu menyemprotkan cairan penetran supaya karat dan kotoran luntur sehingga tidak menggangu kelistrikan pada motor kita.



sumber: medan.tribunnews.com



0 komentar: